like this

The Ten Commanment, Sepuluh Perintah Tuhan

Abul-Laits Assamarqandi meriwayatkan kepada sanadnya dari Jabir bin Abdillah r.a. berkata Rasulullah S.A.W bersabda : "Allah S.W.T. telah memberikan kepada Nabi Musa bin Imran a.s. dalam alwaah 10 bab :

· Wahai Musa jangan menyekutukan aku dengan suatu apa pun bahwa aku telah memutuskan bahwa api neraka akan menyambar muka orang-orang musyrikin.

· Taatlah kepada-Ku dan kedua orang tuamu nescaya Aku peliharamu dari sebarang bahaya dan akan Aku lanjutkan umurmu dan Aku hidupkan kamu dengan penghidupan yang baik.

· Jangan sekali-kali membunuh jiwa yang Aku haramkan kecuali dengan hak nescaya akan menjadi sempit bagimu dunia yang luas dan langit dengan semua penjurunya dan akan kembali engkau dengan murka-Ku ke dalam api neraka.

· Jangan sekali-kali sumpah dengan nama-Ku dalam dusta atau durhaka sebab Aku tidak akan membersihkan orang yang tidak mensucikan Aku dan tidak mengagung-agungkan nama-Ku.

· Jangan hasad dengki dan irihati terhadap apa yang Aku berikan kepada orang-orang, sebab penghasut itu musuh nikmat-Ku, menolak kehendak-Ku, membenci kepada pembahagian yang Aku berikan kepada hamba-hamba-Ku dan sesiapa yang tidak meninggalkan perbuatan tersebut, maka bukan daripada-Ku.

· Jangan menjadi saksi terhadap apa yang tidak engkau ketahui dengan benar-benar dan engkau ingati dengan akalmu dan perasaanmu sebab Aku menuntut saksi-saksi itu dengan teliti atas persaksian mereka.

· Jangan mencuri dan jangan berzina isteri jiran tetanggamu sebab nescaya Aku tutup wajah-Ku daripadamu dan Aku tutup pintu-pintu langit daripadanya.

· Jangan menyembelih korban untuk selain dari-Ku sebab Aku tidak menerima korban kecuali yang disebut nama-Ku dan ikhlas untuk-Ku.

· Cintailah terhadap sesama manusia sebagaimana yang engkau suka terhadap dirimu sendiri.

· Jadikan hari Sabtu itu hari untuk beribadat kepada-Ku dan hiburkan anak keluargamu. Kemudian Rasulullah S.A.W bersabda lagi : "Sesungguhnya Allah S.W.T menjadikan hari Sabtu itu hari raya untuk Nabi Musa a.s. dan Allah S.W.T memilih hari Juma'at sebagai hari raya untukku."


Sedangkan Ini Adalah The Ten Commanment Dalam Agama Nasrani (Kristen)



1)"I am the LORD your God who brought you out of the land of Egypt, from the house of slavery. You shall have no other gods before Me..." 
This commandment is to believe in the existence of God and His influence on events in the world [24], and that the goal of the redemption from Egypt was to become His servants (Rashi). It prohibits belief in or worship of any additional deities. 


2.)"Do not make an image or any likeness of what is in the heavens above..." 
This prohibits the construction or fashioning of "idols" in the likeness of created things (beasts, fish, birds, people) and worshipping them. 


3.)"Do not swear falsely by the name of the LORD..." 
This commandment is to never take the name of God in a vain, pointless or insincere oath.[25] 


4.)"Remember [zachor] the Sabbath day and keep it holy" (the version in Deuteronomy reads shamor, "observe") 
The seventh day of the week is termed Shabbat and is holy, just as God ceased creative activity during Creation. The aspect of zachor is performed by declaring the greatness of the day (kiddush), by having three festive meals, and by engaging in Torah study and pleasurable activities. The aspect of shamor is performed by abstaining from productive activity (39 melachot) on the Shabbat. 


5.)"Honor your father and your mother..." 
The obligation to honor one's parents is an obligation that one owes to God and fulfills this obligation through one's actions towards one's parents. 


6.)"Do not murder" 
Murdering a human being is a capital sin.[26] 


7.)"Do not commit adultery." 
Adultery is defined as sexual intercourse between a man and a married woman who is not his wife.[25] 


8.)"Do not steal." 
According to Rashi, this is not understood as stealing in the conventional sense, since theft of property is forbidden elsewhere and is not a capital offense. In this context it is to be taken as "do not kidnap."[25] 


9.)"Do not bear false witness against your neighbor" 
One must not bear false witness in a court of law or other proceeding. 


10.)"Do not covet your neighbor's wife" 
One is forbidden to desire and plan how one may obtain that which God has given to another. Maimonides makes a distinction in codifying the laws between the instruction given here in Exodus (You shall not covet) and that given in Deuteronomy (You shall not desire), according to which one does not violate the Exodus commandment unless there is a physical action associated with the desire, even if this is legally purchasing an envied object.



Terjemahan:


1) "Akulah TUHAN, Allahmu yang membawa engkau keluar dari tanah Mesir, dari rumah perbudakan Jangan ada allah lain di hadapan-Ku ...."
Perintah ini adalah untuk percaya pada keberadaan Allah dan pengaruh-Nya pada peristiwa di dunia [24], dan bahwa tujuan penebusan dari Mesir adalah untuk menjadi hamba-Nya (Rashi).Melarang keyakinan atau pemujaan dewa apapun tambahan.2.) "Jangan membuat gambar atau yang menyerupai apapun yang ada di langit di atas ..."Ini melarang pembangunan atau Penciptaan dari "berhala" dalam rupa makhluk (binatang, ikan, burung, orang) dan menyembah mereka.
3.) "Jangan bersumpah palsu dengan nama TUHAN ..."Perintah ini adalah untuk tidak pernah mengambil nama Allah dengan sumpah, sia-sia sia-sia atau tidak tulus. [25]
4.) "Ingat [zachor] hari Sabat dan menguduskannya" (versi dalam kitab Ulangan shamor berbunyi, "mengamati")Hari ketujuh dalam seminggu disebut Shabbat dan kudus, sama seperti Allah berhenti aktivitas kreatif selama Penciptaan. Aspek zachor dilakukan dengan menyatakan kebesaran hari (kiddush), dengan memiliki tiga kali makan meriah, dan terlibat dalam studi Taurat dan kegiatan menyenangkan. Aspek shamor dilakukan dengan berpantang dari aktivitas produktif (39 melachot) pada hari Shabbat.
5.) "Hormatilah ayahmu dan ibumu ..."Kewajiban untuk menghormati orang tua adalah kewajiban yang satu berutang kepada Allah dan memenuhi kewajiban ini melalui tindakan seseorang terhadap orang tua.
6.) "Jangan membunuh"Membunuh manusia adalah dosa besar. [26]
7.), "Jangan berzinah."Zina didefinisikan sebagai hubungan seksual antara seorang pria dan seorang wanita menikah yang tidak istrinya [25].
8.) "Jangan mencuri."Menurut Rashi, ini tidak dipahami sebagai mencuri dalam arti konvensional, karena pencurian properti dilarang di tempat lain dan bukan merupakan pelanggaran berat. Dalam konteks ini dapat dianggap sebagai [25] "tidak menculik."
9.) "Jangan mengucapkan saksi dusta tentang sesamamu"Kita tidak harus mengucapkan saksi dusta di pengadilan hukum atau melanjutkan lainnya.
10.) "Jangan mengingini istri sesamamu"Salah satunya adalah dilarang keinginan dan merencanakan bagaimana seseorang dapat memperoleh apa yang Allah telah diberikan kepada orang lain. Maimonides membuat perbedaan dalam kodifikasi hukum antara instruksi yang diberikan di sini dalam Keluaran (Anda tidak mengingini) dan yang diberikan dalam Ulangan (Anda tidak akan keinginan), menurut mana yang tidak melanggar perintah Keluaran kecuali ada tindakan fisik terkaitdengan keinginan, bahkan jika ini secara hukum membeli objek iri

  • Digg
  • Del.icio.us
  • StumbleUpon
  • Reddit
  • RSS

0 komentar:

Posting Komentar